Matahari di Pesisir Jogja

Awal Januari 2018 lalu, aku dan salah seorang temanku yaitu Puput menyempatkan diri untuk hengkang sejenak dari hiruk pikuk rutinitas harian. Kata orang terkadang sesuatu yang spontan justru akan benar-benar kejadian, sama seperti agenda ini yang tidak benar-benar kami planning-kan sebelumnya. Kami memutuskan untuk menyambangi salah satu tempat yang lagi happening di Jogja kala itu, yaitu Taman Bunga Matahari yang terletak di kawasan Sanden, Bantul.

IMG_20180106_125325_956 (1)

Lokasi Taman Bunga Matahari

Kawasan Sanden merupakan kawasan pesisir di selatan Jogja, taman bunga matahari ini terletak tidak jauh dari pintu gerbang loket menuju kawasan “komplek” Pantai Goa Cemara dan teman-temannya. Jadi yang mau ke sana cukup sett di Maps menuju ke arah Pantai Goa Cemara. Jarak tempuh dari pusat kota Jogja menuju tempat ini adalah sekitar 45 – 60 menit, jika menggunakan kendaraan roda 2 mungkin akan lebih cepat sampai tujuan. Jika sudah memasuki gerbang tiket masuk ke pantai maka nantikan pemandangan ciamik di kiri jalan di situlah letak Taman Bunga Matahari berada, dan ternyata Taman tersebut tidak hanya satu block saja, namun jika kita mau menelusuri lebih jauh lagi masih terdapat taman serupa dan pembibitannya. Jadi sepanjang perjalanan kita kan disuguhi pemandangan bunga matahari yang sangat indah.  Guna mencapai lokasi kita harus menggunakan kendaraan pribadi ya, karena tidak ada kendaraan umum yang melintas ke daerah tersebut

IMG_20180108_101019_092 P1010030-01Biaya Masuk

Biaya masuk ke Taman Bunga Matahari cukup murah, yaitu Rp. 5000,- / orang saja

Biaya Parkir kendaraan roda 4 Rp. 2000,-

Biaya Masuk Gerbang Pantai Rp. 5000,-/orang

Cukup murah bukan, dan disana kita sudah bisa menikmati keindahan bunga matahari yang aduhai dan foto-foto sepuasnya tanpa ada limit waktu pastinya 😀 meskipun sesekali terganggu oleh suara dengungan kumbang dan kupu-kupu yang sudah siap menghisap nektar-nektar yang terdapat di tubuh mereka.

Pantai Goa Cemara

Jika sudah bosan meneksplore Bunga Matahari, kita bisa cus menikmati keindahan pantai-pantai di sekitar. Saat itu kami menyempatkan diri ke Pantai Goa Cemara, meskipun aku sejak kecil di besarkan di Jogja, tapi baru kali ini menyambangi Pantai yang ternyata sangat indah dan berbeda dari pantai-pantai yang ada di Jogja. Pasalnya pantai tersebut dikelilingi oleh hutan cemara yangs sangat luas di bibir pantainya. Sungguh pemandangan pantai yang tidak biasa. Itulah mengapa dinamakan Pantai Goa Cemara, karena lebatnya dahan-dahan cemara itu sampai membentuk “goa” dan ini adalah tempat yang sangat indah untuk dijadikan destinasi wisata keluarga, dan spot foto yang bagus khususnya untuk pre-weddding. Untuk masuk ke Pantai ini sudah tidak dipungut biaya lagi karena sudah termasuk tiket masuk gerbang pantai sebelumnya.

IMG_20180112_181639_208

di kawasan ini juga terdapat penangkaran penyu, tapi sayangnya ketika kami coba hampiri sepertinya pusat penangkaran tersebut sudah lama tidak beroperasi. dan yang harus diwaspadai adalah ombak di pantai ini sangat besar sehingga tidak disarankan untuk bermain di air, cukup menikmati dari bibir pantai saja 🙂

IMG_20180108_175719_249

Jogja terlalu indah untuk dilewatkan 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: